Bacaan Wakafa Billahi Syahida Wa Ila Rabbika Farghab dan Artinya

Wakafa Billahi Syahida Wa Ila Rabbika Farghab

Bacaan wakafa billahi syahida wa ila rabbika farghab sering kali diucapkan sebagian orang. Namun, tidak sedikit dari mereka yang belum memahami apa makna atau arti dari bacaan tersebut. 

Makna dari bacaan itu perlu diketahui agar kamu bisa menghayati saat membaca tulisan tersebut. Dengan seperti itu maka apapun yang terjadi akan dimaknai sebagai jalan takdir dari Allah. 

Read More

Apa Arti Wakafa Billahi Syahida Wa Ila Rabbika Farghab?

Wakafa Billahi Syahida Wa Ila Rabbika Farghab

Berikut beberapa tulisan arab, latin dan pengertian dari bacaan tersebut:

وَكَفَىٰ بِاللَّهِ شَهِيدًا وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ

Latin: Wakafa billahi syahida wa ila rabbika farghab

Artinya: “Dan cukuplah Allah sebagai saksi dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”

Wakafa Billahi Syahida Wa Ila Rabbika Farghab Berasal Dari Dua Surat Berbeda

Bacaan dari ayat tersebut sebenarnya berasal dari dua surat berbeda di dalam al-qur’an. 

Surat Al-Fath Ayat 28

Wakafa billahi syahida merupakan penggalan dari surat Al-Fath ayat 28. Berikut bacaan lengkap dari ayat tersebut:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ شَهِيدًا

Huwalladzii arsala rasuulahuu bil-hudaa wa diinil-haqqi liyudz-hirahuu ‘alad-diini kullih, wa kafaa billaahi syahiidaa

Artinya : Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi.

Surat Al-Insyirah Ayat 8

Sementara itu, bacaan wa ila rabbika farghab merupakan penggalan dari surat al-insyirah :8, berikut tulisan arab dan latinnya:

وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ 

Latin: wa ilaa rabbika farghab

Artinya: dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap

Kandungan Bacaan Dari Kedua Ayat

Ada beberapa kandungan yang terdapat di dalam ayat tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Berharap Hanya Kepada Allah

Dalam menjalani kehidupan di dunia, seorang hamba tidak boleh bersandar atau berharap kepada siapapun. Sebab, harapan yang disandarkan kepada selain Allah hanya akan berakhir dengan penyesalan.

Untuk itu, ayat tersebut memerintahkan untuk selalu berharap kepada Allah dalam berbagai hal. Dengan keyakinan tersebut maka Allah akan selalu hadir dan menolong hamba di kala kesusahan di dalam hidup. 

Allah Sebagai Saksi Atas Semua Tindakan

Banyak sekali sikap atau tindakan dimana tidak semua mengetahui secara detail. Sehingga, sikap yang benar terkadang dianggap salah karena beberapa faktor yang menghalangi. 

Oleh karena itu, makna dari ayat ini adalah cukuplah Allah yang menjadi saksi atas semua yang dilakukan. Jika sudah demikian maka bisa membuat seseorang untuk bisa bersikap lebih adil, jujur dan bertanggung jawab. 

Allah Maha Melihat Perbuatan Hambanya

Bentuk kandungan lain adalah Allah selalu memantau dan melihat segala sikap yang dikerjakan hamba-Nya. Sehingga, Allah menjadi saksi dari berbagai aspek kehidupan bagi setiap manusia. 

Sebab, dia selalu mengetahui apapun yang ada di dalam pikiran, niat dan perbuatan yang tersembunyi. Jika keyakinan itu sudah tertanam maka seseorang akan lebih berhati-hati dalam bersikap. Sebab, ia merasa Allah selalu ada dalam pikiran dan hatinya. 

Jadi wakafa billa hi syahida wa ila rabbika farghab berasal dari dua surat yang berbeda. Keduanya ada di surat Al-Fath ayat 28 dan surat Al-Insyirah ayat 8. 

Kedua ayat tersebut memiliki makna mendalam dimana cukuplah Allah tempat berharap. Selain itu, Allah juga sebagai saksi atas semua tindakan yang dilakukan oleh seseorang. Dengan berpegang teguh atas keyakinan itu maka seorang hamba akan lebih berhati-hati dalam bersikap.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *