Perbedaan Hamzah dan Alif Dalam Huruf Hijaiyah

Salah satu huruf hijaiyah yang ada di dalam Al-Qur’an diantaranya ada alif dan hamzah. Untuk memberikan pemahaman yang lebih maka perlu mengetahui perbedaan hamzah dan alif. 

Kedua huruf ini perlu dibedakan karena ketika dibaca dibaca dengan tanda fathah bunyinya sama padahal bentuknya berbeda. Selain itu tanda baca itu, bunyi yang sama juga ketika di dhommah atau kasroh. 

Read More

Meski ada kesamaan seperti itu namun dalam hal peletakan atau yang lainnya ada perbedaan. Semua perbedaan dan kesamaan harus diketahui agar kamu bisa lebih tepat dan benar ketika membaca Al-Qur’an. 

Apa itu Huruf Alif?

Alif termasuk salah satu huruf yang juga berasal dari bahasa Arab. Huruf ini juga termasuk yang pertama di dalam alfabet Arab. Bentuknya lebih banyak digambarkan sebagai huruf yang tegak dan tinggi. 

Meski bentuknya demikian ternyata huruf alif memiliki makna yang cukup mendalam. Alif lebih banyak disimbolkan dengan kesatuan dan keesaan Allah. Selain itu, terkait bentuknya ada yang lurus dan bengkok. 

Apa itu Hamazah?

Hamzah atau di dalam bahasa Arab sering juga disebut al-hamzah ( الهَمْزة ). Hamzah ini termasuk salah satu huruf arab yang sering dilambangkan dengan vokal A,I,U dan yang lainnya. 

Perbedaan Hamzah dan Alif

Hamzah dan alif ini memiliki beberapa perbedaan di beberapa bagian, diantaranya sebagai berikut:

Harakat

Huruf hamzah di dalam bahasa Arab selamanya selalu memiliki harakat. Sedangkan huruf alif diketahui tidak dapat menerima harakat. Ini berlaku untuk hal apapun baik di dalam al-qur’an atau percakapan sehari-hari. 

Bentuk

Bentuk perbedaan lainnya ada pada bentuk dari kedua huruf tersebut. Untuk alif memiliki dua bentuk diantara tegak lurus (ا)  dan ada juga yang bengkok (ی) menyerupai ya’. Sedangkan hamzah bentuknya hanya satu dan menyerupai huruf ‘ain (ء)

Peletakan Huruf di Dalam Kata

Kedua huruf ini juga ada perbedaan ketika diaplikasikan pada kata yang ada di bahasa Arab. umumnya huruf alif hanya bisa diletakkan di bagian tengah dan akhir kata. 

Huruf alif di dalam kata apapun rata-rata tidak bisa diposisikan di awal kata. Kalaupun ada alif yang ada di awal kata, sebenarnya bukan alif melainkan hamzah washal. Hal ini berbeda dengan huruf hamzah dimana peletakan hurufnya bisa diletakkan di awal, tengah, dan akhir kata. 

Sifat Huruf

Di dalam huruf hijaiyah, setiap huruf memiliki sifat dan ini berlaku untuk huruf hamzah dan alif. Huruf hamzah dikenal memilih sifat dibaca Jelas (Jahr), keras (Syiddah), merendah (Istifal), terbuka (Infitah). 

Sedangkan huruf alif memiliki sifat jahr, rakhawah, istifal, infitah, ishmat dan khafa. Dengan sifat seperti itu maka pelafalan huruf alif harus mengalir dan membunyikan huruf dengan lirih.

Makhorijul Huruf ( Tempat Keluarnya Huruf)

Bentuk perbedaan lain di antara keduanya adalah ada pada tempat keluarnya huruf. Untuk huruf alif dikenal tempat keluarnya berasal dari rongga mulut bagian tengah. Sedangkan huruf hamzah pengucapan atau pelafalannya keluar dari rongga tenggorokan. 

Jadi itulah beberapa perbedaan hamzah dan alif di dalam bahasa Arab. Secara umum bentuk perbedaan itu bisa dilihat dari sisi bentuk, sifat huruf, harakat dan peletakannya. 

Rata-rata huruf alif tidak bisa menerima harakat di awal kata dan bisanya hanya di tengah dan akhir. Sedangkaan huruf hamzah dimanapun itu baik di awal hingga akhir bisa menggunakan harakat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *