Pengertian Athaf dan Contoh-Contohnya

Dalam mempelajari bahasa Arab, kamu juga perlu memahami akan ilmu nahwu lainnya seperti huruf athaf. Huruf ini dikenal sebagai penghubung antara dua kalimat atau kata.

Dalam memahaminya, perlu dipahami terkait pengertian athaf dan contoh-contohnya di dalam bahasa arab. Kata berfungsi sebagai penghubung, huruf athaf ini memiliki pengaruh dalam tata bahasa Arab dan beberapa hal terkait i’rabnya. 

Read More

Pengertian Athaf 

Secara bahasa, athaf adalah huruf penghubung atau penyambung di antara kata atau kalimat. Sedangkan pengertian secara istilah adalah huruf yang digunakan untuk menghubungkan frasa atau kata di dalam suatu kalimat. 

Sehingga, athaf bisa diartikan sebagai kata sambung atau konjungsi. Adanya huruf tersebut bisa mempengaruhi adanya struktur dalam tatanan bahasa Arab. bentuk perubahan itu bisa terjadi di dalam kata atau kalimat. 

Pembagian Huruf Athaf

Huruf athaf terdiri dari beberapa macam dan berikut ulasan selengkapnya:

Huruf ‘Athaf Bayan

Athaf bayan adalah sebuah huruf yang menghubungkan dua frase atau kata dan kata tersebut berupa isim ma’rifat. Adanya huruf tersebut sebagai huruf yang menjelaskan akan kata yang mengikutinya.

Contoh: 

قسما بالله أبو حفص عمر (Telah bersumpah kepada Allah, Abu Hafash alias Umar)

Dari contoh di atas, kata “عمر” (Umar) fungsinya sebagai penjelas dari kata “أبو حفص” (Abu Hafash).

 Huruf ‘Athaf Nasdaq 

Huruf athaf ini merupakan kebalikan dari huruf athaf bayan. Untuk huruf nasdaq umumnya selalu mengikuti pada kata benda atau isim nakirah. Adanya huruf tersebut menghubungkan dua kata tetapi tidak berfungsi untuk menjelaskan atau memperinci. 

Contohnya:

كتاب زيد (Buku Zaid)

Pada contoh itu, kata “زيد” (Zaid berposisi sebagai kata benda yang belum dikenal. Sedangkan, huruf athaf atau penghubungnya adalah kata “كتاب” (Buku). 

Secara umum, huruf athaf ini adalah sebagai pemberi informasi akan perubahan suatu kata. Selain itu, huruf athaf juga cukup mempengaruhi terkait pengucapan atau ditulisnya suatu kata di dalam bahasa Arab. 

Macam-Macam Huruf Athaf dan Contohnya

Secara umum, athaf ini terdiri dari beberapa huruf dan berikut ulasan serta contoh-contohnya:

Huruf Wau (و)

Adanya huruf wau makna dan dan fungsinya sebagai penyelaras ma’luh dan ma’luh bih (kata yang dihubungkan dengannya). Dengan demikian, kedua kata tersebut memiliki kedudukan yang sama di dalam bahasa Arab. Contohnya: 

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا نُوْحًا وَإِبْرَاهِيْمَ (Dan sungguh Kami telah mengutus Nuh dan Ibrahim).

Huruf  Fa’ (ف)

Huruf ini bermakna kemudian dan fungsinya untuk menunjukkan adanya peristiwa yang tidak mengenal jarak waktu yang lama. Berikut contohnya:

حَضَرَ أَحْمَدُ فَأَبُوْهُ (Ahmad datang kemudian ayahnya).

Huruf Thumma (ثُمَّ)

Makna dari huruf thumma juga kemudian dan fungsinya untuk menunjukkan suatu peristiwa yang waktunya juga cukup lama. Contohnya:

مَاتَ الرَّشِيْدُ ثُمَّ الْمَأْمُوْنُ (Ar-Rasyid meninggal, kemudian Al-Ma’mun).

Huruf Am (أَمْ)

Hukum am ini di dalam bahasa Arab digunakan sebagai penentu dan kesamaan diantara dua kata. Contohnya: 

  1. Penentu pilihan : : أَأَخُوْكَ أَحْمَدُ أَمْ مَحْمُوْدٌ؟ (Apakah saudaramu Ahmad atau Mahmud?).
  2. Kesamaan dua kata atau frasa :  سَوَاءٌ عَلَيَّ أَفَهَمْتَ مَا قُلْتُ أَمْ لمَ ْتَفْهَمْ (Bagiku sama saja kamu mengerti atau kamu tidak mengerti apa yang aku katakan).

Jadi pengertian athaf adalah suatu kata yang fungsi utamanya untuk menghubungkan antar kata atau frasa. Pembagian dari huruf tersebut terbagi menjadi dua, yakni Athaf bayan dan nasdaq. Sedangkan untuk huruf-huruf yang bisa digunakan adalah wau, fa, am, thumma dan yang lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *