Pengertian Af’alul Khomsah Dan Contohnya Di Dalam Bahasa Arab

Dalam mempelajari bahasa Arab secara sempurna, ada juga istilah af’alul khomsah. Ilmu ini perlu dipelajari agar kamu bisa memahami makna dari setiap kata di dalam bahasa Arab

Secara umum, pengertian af’alul khomsah adalah berupa fi’il yang bersambung dengan beberapa huruf. Untuk memahami lebih jelas, artikel ini juga akan menyertakan beberapa contoh baik dalam bentuk kalimat atau ayat-ayat di dalam al-qur’an. 

Read More

Pengertian Af’alul Khomsah

Af’alul khomsah adalah fi’il mudhori’ yang sudah tersambung dengan huruf wawu jama’, alif tasniyah, ya muannas mukhotobah. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa wazan di dalam fi’il mudhari’ nya:

  • يَفْعَلَانِ artinya Dia berdua (laki-laki) sedang mengerjakan
  • تَفْعَلُونَ artinya Kalian (laki-laki) sedang mengerjakan
  • تَفْعَلِيْنَ artinya Kamu (wanita) sedang mengerjakan
  • تَفْعَلَانِ artinya Kamu berdua (laki-laki) sedang mengerjakan
  • يَفْعَلُوْنَ artinya Mereka (laki-laki) sedang mengerjakan

Contoh Af’alul Khomsah

Untuk memahami lebih dalam, berikut beberapa contoh af’alul khomsah:

Contoh Kalimat:

  1. الطَّالِبَانِ يَذْهَبَانِ إلَى الْمَدْرَسَةِ artinya 2 siswa pergi ke sekolah
  2. الطَّالِبَتَانِ تَذْهَبَانِ إِلَى الْمَدْرَسَةِ artinya 2 siswi pergi ke sekolah
  3. الرِّجَالُ يُصَلُّوْنَ فِي الْمَسْجِدِ artinya para lelaki shalat di masjid
  4. أنْتُمْ تَأْكُلُوْنَ الفَاكِهَةَ artinya kalian makan buah
  5. أَنْتِ تَأْكُلِيْنَ السَّمَكَ artinya kamu makan ikan

Contoh Af’alul Khomsah di Al-Qur’an

  • الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ artinya yaitu mereka yang beriman kepada yang gaib dan melaksanakan shalat (Al Baqarah: 3)
  • يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَالَّذِينَ آمَنُوا artinya Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman (Al Baqarah: 9)
  • فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ artinya Maka janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui (Al Baqarah: 22)

Tanda I’rab Af’alul Khomsah

Dalam ilmu nahwu bahasa Arab, af’alul khomsah terdiri dari 3 i’rob, diantaranya rofa’, jazm dan nashob. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya:

I’rob Rofa

I’rob rofa’ yang ada di dalam af’alul khomsah ini ditandai dengan adanya nun. Untuk memahami lebih jelas, berikut contoh-contohnya:

  • اَنْتُمْ تَذْهَبُوْنَ اِلَى الْمَدِيْنَةِ Artinya Kalian semua (lelaki) pergi ke kota. Pada lafadz tadzhabuuna adalah contoh i’rob rofa af’alul khomsah
  • المُسلِمُوْنَ يَقْرَئُونَ الْقُرْانَ فِى الْمَسْجِدِ Artinya Orang-orang muslim membaca Al qur’an di Masjid. Lafadz yaqrouuna pada kalimat itu adalah contoh i’rob rofa af’alul khomsah
  • المُسلِمُوْنَ يَجْلِسُونَ فِى الْبَيْتِ Artinya Orang-orang muslim sedang duduk di rumah. Lafadz yajlisuuna adalah contoh i’rob rofa af’alul khomsah

I’rob Jazm

Tanda i’rob ini bisa dilakukan dengan cara membuang huruf nun dari lafadz تَكُــــوْنِيْنَ menjadi لَمْ تَكُــــوْنِي . Adanya tambahan harfun lam karena kata itu memiliki amil dan dijazamkan fi’il mudhori. Berikut beberapa contoh kalimatnya:

اَنْتُمْ لَمْ يَنْصُرُو اَطْفَالُهُمْ Kamu semua belum menolong anak-anak mereka. Lafadz yanshuruu adalah af’alul khomsah (i’rob jazm) dari kata kata asal yanshuruuna. 

هُمْ لَمْ يَقْرَئُو الْقُرْان فِى الْمَسْجِد Mereka semua belum membaca Al Qur’an di Masjid. Lafadz  yaqrou adalah contoh i’rob jazm dengan cara membuang huruf nun dari kata asalnya adalah yaqrouuna.

I’rob Nashab

I’rob terakhir ada nashob dengan cara membuang huruf nun dari kata asal تَرُوْمِيْنَ menjadi لِتَرُوْمِي . Kata itu menggunakan lam juhud untuk menashobkan fi’il mudhori sehingga menjadi litaruumi.

Jadi pengertian af’alul khomsah adalah adanya fi’il mudhori yang sudah terhubung dengan beberapa huruf seperti wawu, ya dan alif. Selain itu, kalimat-kalimat af’alul khomsah juga memiliki tiga tanda yakni, i’rob jazm, nashob dan rofa.

Related posts