Pandangan Ulama Terkait Waktu Ba’da Ashar

Banyak orang yang mulai bertanya terkait kapan dimulainya atau jam berapa ba’da ashar itu? Pertanyaan ini muncul karena waktu-waktu tersebut dinilai sebagai momen terbaik saat berdoa. 

Banyak ulama yang berpandangan terkait waktu yang mustajab setelah selesai sholat ashar itu. Salah satu yang cukup populer adalah di kala hari Jum’at dan waktunya ba’da ashar. 

Read More

Hadist Nabi Tentang Hari Jum’at Ba’da Ashar

Pandangan Ulama Terkait Waktu Ba’da Ashar

Ada beberapa hadist yang menyebutkan bahwa di hari Jum’at setelah ashar itu adalah waktu terbaik untuk berdoa, berikut bunyinya:

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

‘Pada hari Jum’at terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah ‘Ashar.’[HR. Abu Dawud].

Sesuai hadist di atas maka kamu perlu memanfaatkan waktu terbaik ketika setelah selesai shalat ashar. Sebab, waktu itu bisa dijadikan sarana untuk selalu berdoa agar apa yang diinginkan bisa segera terwujud. 

Pandangan Ulama Terkait Ba’da Ashar

Ada beberapa ulama yang berpandangan terkait waktu ashar dan berikut ulasannya:

Duduk Menunggu Waktu Ashar

Beberapa ulama menyarankan kepada setiap hamba untuk duduk dan menunggu hingga waktu ashar tiba. Di sela-sela duduk ini, seseorang bisa meminta kepada Allah atas semua apa yang diinginkan. 

Untuk duduknya juga tidak terbatas dimana bisa dilakukan di rumah, masjid atau dimanapun. Hal seperti ini bisa dilakukan hingga akhir waktu Ashar dan itu bisa dilakukan setiap saat. 

30 Menit Sebelum Maghrib

Selain duduk menunggu waktu Ashar, ada juga yang berpandangan berdoa menjelang maghrib. Menurut ustadz Adi Hidayat, waktunya bisa dari 30 menit sebelum adzan maghrib. Waktu tersebut sangat dianjurkan dan setiap doa-doa akan dikabulkan oleh Allah. 

Estimasi Waktu Ba’da Ashar

Untuk waktu ba’da atau setelah ashar ini sebenarnya berbeda-beda, tergantung wilayah yang ditempati. Ada perbedaan antara waktu di Indonesia bagian tengah, barat dan timur. 

Misalnya, kamu tinggal di daerah Jakarta yang waktu asharnya pukul 15.30 WIB, sementara waktu maghrib pukul 18.00 WIB. Maka waktu yang disebut ba’da antara adalah di antara jam 15.30 WIB dan 18.00 WIB. Pada waktu-waktu tersebut bisa kamu manfaatkan untuk berdoa kepada Allah. 

Tidak Keluar Dari Masjid Ba’da Ashar

Beberapa ulama seperti Syekh Muhammad Shalih Al-Munajjid menyarankan untuk tidak keluar masjid setelah shalat Ashar. Perintah itu beliau sampaikan karena setelah memasuki waktu tersebut setiap doa tidak tertolak. 

Maka dari itu, kesempatan itu sebaiknya dimanfaatkan dan dilakukan di dalam masjid setelah selesai berjamaah Ashar. Selama waktu tersebut hingga menjelang maghrib bisa diisi dengan membaca al-qur’an dan memperbanyak berdoa. 

Pahala Dilipatgandakan

Pada waktu setelah ashar khususnya pada hari Jum’at, setiap amal sholeh yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Sehingga, waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk terus berbuat dan beramal yang terbaik. 

Jadi waktu ba’da ashar itu hampir setiap daerah memiliki estimasi yang berbeda-beda. Pada intinya waktu tersebut sudah mulai masuk setelah adzan ashar hingga menjelang masuknya waktu maghrib. 

Pada waktu-waktu tersebut, seseorang bisa memperbanyak berdoa kepada Allah. Jika tidak sanggup maka kamu bisa mulai berdoa di 30 menit terakhir sebelum masuk waktu maghrib.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *