Min Haitsu La Yahtasib Artinya, Doa Meminta Rezeki

Min Haitsu La Yahtasib Artinya

Ada berbagai doa yang diajarkan oleh rasulullah dalam meminta rezeki kepada Allah. Salah satunya dengan mengamalkan bacaan min haitsu la yahtasib artinya dan beberapa doa lainnya. 

Kalimat tersebut merupakan salah satu penggalan ayat yang ada di surat At-Talaq ayat 3. Penggalan ayat ini memiliki arti yang sangat penting untuk diketahui karena berkaitan erat dengan rezeki. Untuk itu bagi yang mau mengamalkan maka perlu mengetahui tulisan arab, latin dan terjemahannya. 

Read More

Min Haitsu La Yahtasib Artinya Serta Tulisan Arab dan Latinnya

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا ٣

Latin: Wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā

Artinya: “Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At Talaq Ayat 3)

Perlu diketahui bahwa surat At-Talaq merupakan salah satu surat yang diturunkan di kota Madinah. Selain itu, surat tersebut berada di juz 28, surat ke-65 dan totalnya ada 12 ayat di dalam al-qur’an. 

Baca Juga: Perbedaan Hamzah dan Alif Dalam Huruf Hijaiyah

Tafisr Tentang Surat At-Talaq Ayat 3

Ada beberapa tafsir terkait ayat tersebut dan berikut ulasan selengkapnya:

Tafsir Kemenag RI

Menurut tafsir dari Kemenag RI, kalimat rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka itu memiliki makna yang luas. Makna dibalik itu adalah berupa rezeki dari berbagai hal mulai dari kebutuhan rohani dan fisik setiap hamba-Nya. 

Untuk meraih itu, seorang hamba juga dituntut untuk selalu bertawakal kepada Allah. Dengan seperti itu maka Allah akan mempermudah dari semua urusan serta memberikan solusi dari berbagai masalah yang ada. 

Jaminan bagi mereka yang bertawakal tidak hanya dibantu dalam menyelesaikan masalah. Melainkan, mereka juga akan diberikan rezeki yang mungkin tidak pernah terlintas di dalam benaknya. 

Tafsir Abah Guru Sekumpul

Menurut abah guru sekumpul, ayat 3 di surat At-Talaq itu rezeki dari arah yang tidak disangka itu bisa diraih oleh siapapun. Menurut beliau, untuk meraih itu juga perlu adanya usaha atau bekerja keras. 

Selain itu, seorang hamba juga harus mengiringi dengan cara membersihkan setiap dosa dan tetap rendah hati. Sehingga, seseorang harus selalu beristighfar atau memohon ampunan kepada Allah

Konsep Surat At-Talaq Ayat 3

Ada beberapa konsep yang terkandung di dalam surat tersebut dan berikut ulasannya:

Menghilangkan Dosa

Konsep yang ada di dalam ayat ini adalah untuk menghapus dosa dan ampunan Allah. Setelah dosa itu dihilangkan maka rezeki itu yang baik akan mudah masuk karena penghalangnya sudah dihilangkan. 

Semua itu Atas Rencana Allah

Setiap apapun yang ada di dunia, semuanya sudah berdasarkan rencana Allah. Semua yang Allah rencanakan sudah pasti yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya. Salah satu dari rencana tersebut diantaranya memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. 

Jadi min haitsu la yahtasib artinya rezeki yang tidak disangka-sangka. Makna rezeki yang ada ini mencakup kebutuhan rohani dan fisik dari seseorang. 

Untuk bisa mendapatkan rezeki tersebut maka seorang hamba harus memperbanyak memohon ampun kepada Allah. Dengan cara itu maka semua dosanya bisa diampuni dan menjadi jalan masuknya rezeki.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *