Bacaan Inna Akromakum Indallahi Atqokum Artinya, Tafsir dan Tahlilinya

Inna Akromakum Indallahi Atqokum Artinya

Bacaan inna akromakum indallahi atqokum artinya terkait dengan siapakah orang yang paling mulia. Selain itu, ayat tersebut juga termasuk penggalan yang ada di surat al-Hujurat ayat 13. 

Dalam ayat tersebut menyebutkan bahwa orang bertaqwa termasuk yang paling mulia di sisi Allah. Lalu, untuk makna yang lebih jauh dan luas maka perlu dipahami juga menurut tafsir wajiz dan tahlilinya. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui bagaimana tulisan latin, arab dan terjemahan dari ayat tersebut. 

Read More

Tulisan Latin, Arab dan Terjemahan Inna Akromakum Indallahi Atqokum Artinya

 

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ ١٣

Latin : Yaa ayyuhan-naasu innaa khalaqnaakum min zakariw wa unsaa wa ja’alnaakum syu’ubaw wa qabaa`ila lita’aarafu, inna akramakum ‘indallaahi atqaakum, innallaaha ‘aliimun khabiir. (QS. Al-Hujurat:13)

Artinya : Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan.Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.

Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti. (QS. Al-Hujurat:13)

Dalam ayat tersebut, Allah tidak menyukai akan orang-orang yang terlalu menyombongkan diri. Selain itu, Allah juga tidak suka akan orang yang bangka akan kekayaan, keturunan dan pangkat yang diraihnya. 

Sebab, Allah lebih menyukai orang-orang yang lebih bertaqwa diantara mereka. Selain itu, Allah juga mengetahui apapun tindakan yang dilakukan oleh umat-Nya baik yang lahir atau tersembunyi. 

Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 13

Secara umum, tafsir terkait ayat ini terbagi menjadi dua bagian dan berikut ulasannya:

Tafsir Wajiz

Menurut tafsir wajiz, Allah menciptakan manusia baik laki-laki atau perempuan dari keturunan yang sama yakni Nabi Adam dan Hawa. selain itu, semua derajat mereka sama dan tidak ada perbedaan antara ras atau suku satu dengan lainnya. 

Dari tafsir ini juga menyebutkan bahwa Allah yang membuat mereka menjadi berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Tujuannya agar diantara mereka saling membantu satu sama lain. 

Selain itu, Allah juga lebih menyukai orang yang bertaqwa daripada mereka yang bangga dengan pangkat dan derajatnya di dunia. Dalam ayat itu, Allah juga tegaskan bahwa Dia mengetahui setiap perbuatan manusia baik yang dhahir atau tersembunyi. 

Tafsir Tahlili

Dalam tafsir ini menyebutkan jika manusia lebih banyak memandang kemuliaan itu dari pangkat dan hartanya saja. Hal ini sesuai dengan hadist nabi yang diriwayatkan oleh Umar bin Khattab. 

Dalam hadist itu rasulullah melakukan tawaf dan beliau berdakwah di masjid tersebut. Dalam dakwahnya beliau membaca manusia menjadi dua golongan yakni orang yang berbuat baik dan durhaka akan perintah-Nya. 

Dalam akhir dakwahnya, beliau beristighfar kepada Allah semua mereka yang hadir. Beliau juga menyampaikan bahwa Allah menerima taubat setiap umatnya dan Dia mengetahui apa yang ada di dalam hati manusia. 

Jadi inna akromakum indallahi atqokum artinya manusia paling mulia adalah di yang bertaqwa kepada Allah. Ketaqwaan itu diukur dari seberapa banyak amal sholeh yang telah dilakukan dan tetap di jalur perinta-Nya. 

Baca Juga: Min Haitsu La Yahtasib Artinya, Doa Meminta Rezeki

Selain itu, dalam ayat itu disebutkan jika Allah mengetahui segala perbuatan manusia baik secara dhahir atau batin. Ini menjadi peringatan bahwa semua yang kita lakukan dalam pantauan Allah dan nantinya akan dipertanggung jawab di akhirat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *