Arti Fa Inna Ma’al Usri Yusro Innama’al Usri Yusro dan Tafsirnya

Fa Inna Ma’al Usri Yusro Innama’al Usri Yusro

Dalam surat Al-Insyirah tepatnya di ayat 5-6 ada bacaan fa inna ma’al usri yusro innama’al usri yusro. Bacaan tersebut memiliki makna yang begitu mendalam dimana kaitannya dengan dibalik ada kesulitan pasti ada kemudahan. 

Menariknya, kalimat itu sebenarnya sama dan diulang sebanyak dua kali di dalam surat yang sama. Maka dari itu, kamu perlu memahami apa arti dan tafsir dari ayat tersebut untuk menambah khazanah keislaman. 

Read More

Arti Fa Inna Ma’al usri Yusro Innama’al Usri Yusro

Ayat di atas sebenarnya berasal dari dari dua ayat yang berbeda yakni Al-Insyirah ayat 5 dan 6. Fainna ma’al usri yusro memiliki makna maka, sesungguhnya dalam setiap kesulitan itu ada kemudahan. Sementara, lafadz Innama’al usri yusro berarti sesungguhnya dalam setiap kesulitan ada kemudahan. 

Perlu diketahui bahwa surat tersebut diturunkan di kota Makkah dan di dalamnya ada 8 ayat. Selain itu, Al-Insyirah juga termasuk dalam surat ke-94 dari 114 surat dan berada di juz 30. 

Tafsir Surat Al-Insyirah Menurut Ulama

Ada berbagai tafsir terkait kedua ayat tersebut dari berbagai ulama dan berikut ulasannya:

Tafsir Kemenag

Menurut Kemenag, kedua ayat ini dinilai sebagai sebuah dorongan kepada umat muslim untuk selalu optimis. Sehingga, ketika ada berbagai kesulitan seharusnya selalu berharap pertolongan dari Allah. 

Selain itu, hal-hal yang berupa kesulitan itu juga bagian dari nikmat-nikmat Allah yang juga perlu disyukuri. Sebab, dalam setiap kesulitan pasti akan datang kemudahan bersama ridha Allah. 

Tafsir Tahlili

Menurut tafsir tahlili, dalam setiap kesempitan akan selalu ada kelapangan. Selain itu, dalam berbagai kekurangan untuk mencapai sesuatu juga pasti ada jalan keluar terbaiknya. Sifat ini yang ada di dalam diri rasulullah ketika beliau berdakwah hingga akhirnya berhasil membawa umat ke jalan yang benar. 

Sehingga dalam menghadapi berbagai masalah hendaknya tidak gelisah dan tidak mengubah tujuan. Solusinya adalah harus tetap bersabar dalam setiap masalah dan selalu bertawakal kepada Allah. 

Selain itu, dalam kondisi yang darurat, seseorang harus tetap berusaha agar bisa keluar dari kesempitan itu. Namun, itu semua harus diimbangi dengan bertawakal agar bisa meraih kemenangan dan lepas dari berbagai cobaan. 

Dengan semua usaha dan sifat yang dimiliki rasulullah itu akhirnya beliau bisa mendapatkan banyak teman dan pengikut. Bahkan, banyak dari mereka yang kecintaannya kepada nabi Muhmmad sangat besar melebihi keluarganya. 

Habib Novel Alaydrus

Selain kedua tafsir di atas, ada juga pendapat lain dari salah satu ulama yakni Habib Novel Alaydrus. Menurut beliau makna ayat ke-5 itu adalah Allah akan memberikan jalan keluar dalam setiap masalah. Syaratnya harus tetap berpegang teguh pada ajaran agama dan bertawakal. 

Sementara itu, ayat ke-6 itu balasannya berupa bonus dari kesabaran dalam setiap kesulitan yang diterima. Untuk bagian ini bisa berupa rezeki yang tidak disangka-sangka sebelumnya. 

Dengan demikian, belia berpendapat dalam setiap masalah itu pasti ada jalan keluar dan akan ada surprise yang Allah berikan nantinya. Untuk bisa meraih itu semuanya harus selalu ikhlas, sabar dan tetap berusaha keluar dari setiap kesulitan. 

Jadi fa inna ma’al usri yusro innama’al usri yusro adalah penggalan dari surat Al-Insyirah ayat 5 dan 6. Kedua ayat tersebut mengisyaratkan bahwa dalam setiap kesulitan pasti akan datang berbagai kemudahan. 

Makna ini yang harus dipegang teguh oleh umat muslim agar selalu optimis dalam menjalani kehidupan. Seberat apapun masalah hidup selama mau berusaha dan bertawakal maka pasti akan ada jalan keluarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *