Bacaan Audzubikalimatillahi Tammati Min Syarri Maa Khalaq dan Waktu Membacanya

Audzubikalimatillahi Tammati Min Syarri Maa Khalaq

Bacaan audzubikalimatillahi tammati min syarri maa khalaq termasuk doa yang dianjurkan oleh rasulullah. Lafadz ini merupakan doa meminta perlindungan kepada Allah dan ini perlu diamalkan oleh setiap muslim. 

Dalam kalimat tersebut, seorang hamba meminta perlindungan dari kejahatan makhluk yang lain. Namun, sebelum mengamalkan, kamu perlu mengetahui dulu bagaimana lafadz, huruf latin dan artinya terlebih dahulu. 

Read More

Audzubikalimatillahi Tammati Min Syarri Maa Khalaq

Bacaan dan Arti Dari Audzubikalimatillahi Tammati Min Syarri Maa Khalaq 

Untuk memudahkan, berikut tulisan arab, latin dan arti dari kalimat tersebut:

Arab: أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Latin: A’udzu bikalimatillahittammati min syarri maa khalaq

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan ciptaan-Nya.”

Doa perlindungan tersebut sangat dianjurkan dibaca ketika pagi dan petang setiap hari. Sehingga, doa tersebut sangat bagus di baca ketika selesai shalat shubuh dan menjelang maghrib. 

Anjuran Perintah Untuk Membaca Doa Perlindungan

Pada waktu-waktu tersebut, Allah meminta kepada hamba untuk meminta pertolongan di kala pagi dan petang. Hal ini sesuai dengan firmannya di dalam al-qur’an surat Al-Ahzab 41-42. 

Di dalam ayat ini disebutkan bahwa, setiap umat muslim perlu memperbanyak dzikir atau mengingat Allah. Hal ini perlu dilakukan setiap saat baik dengan hati atau lidah dan itu semua dilakukan setiap waktu. 

Untuk waktu pagi harinya bisa dari setelah bangun tidur atau ketika masuk waktu shubuh. Sedangkan pada sore harinya bisa di kala setelah selesai mengerjakan berbagai pekerjaan (menjelang waktu maghrib). 

Amalan atau Doa yang Dianjurkan Dibaca Pagi dan Petang

Selain doa perlindungan tersebut, kamu juga bisa membaca beberapa bacaan dan doa sebagai berikut:

Doa Tolak Balak

Sebelum membaca doa, kamu juga bisa mengawali dengan membaca berbagai surat di dalam al-qur’an. Kamu bisa memulai dengan membaca surat al-fatihah, al-ikhlas, al-falaq, annas dan al-baqarah. Bagi yang tidak sanggup membaca semua ayat di surat al-baqarah bisa juga di bawa di awal atau akhir surat saja. 

Setelah semua surat tersebut selesai dibaca, kamu bisa mengikutinya dengan membaca doa:

 

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Bismillahilladzi La Yadhurru Ma’asmihi Syai’un fil Ardhi wa Laa fis Sama’i wa Huwas Sami’ul ‘Alim.”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang bersama NamaNya sesuatu apa pun tidak akan celaka baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Mendengar lagi maha Mengetahui.”

Doa Terhindar Dari Gangguan Setan

Sesuai yang ada di kitab Syekh Al-qothoni, berikut beberapa doa perlindungan dari gangguan setan:

 

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ اَلتِي لاَ يُجَاوِزُهُنَ بِرٌّ وَلاَ فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ وَذَرَأَ وَبَرَأَ وَمِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنْ السَّمَاءِ وَمِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيهَا وَمِنْ شَرِّ فِتَنِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ طَارِقٍ إِلَّا طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمَنُ

 

A’uzu bikalimatillahit tammatil lati la yujawizuhunna birrun wala fajirun min syarri ma kholaqa wa zaro-a wa baro-a wamin syarri ma yanzilu minas sama-i wamin syarri ma ya’ruju fihaa wamin syarri fitanil lail wan nahaari wamin syarri kulli thoriqin illa thoriqoy yathruqu bikhoirin ya rohman.

 

“Aku berlindung dengan tanda-tanda kekuasaan Allah yang Maha Sempurna, yang tidak melebihi batas antara kebaikan dan keburukan dari kejahatan apa yang telah Dia ciptakan, dari kejahatan apa-apa yang turun dan naik ke langit,  dari kejahatan apa-apa yang tumbuh dan keluar dari bumi, dari kejahatan ujian malam dan siang, dan dari kejahatan setiap yang berjalan kecuali dia berjalan membawa kebaikan, wahai  Maha Pengasih.”

Jadi doa perlindungan audzubikalimatillahi tammati min syarri maa khalaq bisa dibaca ketika pagi dan petang. Untuk waktunya bebas mulai dari setelah bangun tidur dan setelah melakukan berbagai aktivitas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *