Arti Astaghfirullah Innahu Kana Ghoffaro dan Cara Mengamalkannya

Astaghfirullah Innahu Kana Ghoffaro

Ada berbagai jenis istighfar yang diajarkan rasulullah untuk diamalkan oleh umatnya. Salah satu dari beberapa istighfar yang bisa diamalkan adalah astaghfirullah innahu kana ghoffaro. 

Sebelum mengamalkan, kamu bisa memahami dulu apa arti atau makna dari bacaan tersebut. Selain itu, istighfar ini juga ada cara tersendiri dalam mengamalkan agar lebih mudah diterima oleh Allah. 

Read More

Tulisan Latin, Arab dan Arti Astaghfirullah Innahu Kana Ghoffaro 

Sebelum kamu mengamalkan bacaan tersebut maka berikut beberapa tulisan arab, latin dan terjemahannya:

اَسْتَغْفِرُ الله إِنَّهُ كَنَ غَفَّر

Latin: Astaghfirullah innahu kana ghoffaro

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Sesuai dengan makna dari lafadz tersebut menyebutkan bahwa setiap umat muslim perlu memohon ampunan kepada Allah. Sebab, setiap gerak-gerik manusia dalam setiap harinya selalu ada dosa. Maka dari itu, kalimat itu bisa dibaca sesuai dengan tuntunan rasulullah. 

Dengan diampuninya dosa maka ada berbagai manfaat lain yang didapatkan pengamalnya. Salah satu dari manfaat tersebut diantaranya mampu mendatangkan rezeki yang berlimpah. Bentuk dari rezeki itu tidak hanya harta tetapi bisa kerabat, teman atau kesehatan yang selama ini dirasakan. 

Ketentuan Membaca Istighfar

Setelah memahami setiap artinya maka perlu juga mengetahui ketentuan memabca istighfar tersebut. Untuk mengamalkan bacaan itu bisa dilakukan dengan cara dibaca sebanyak 70 kali setiap hari. Hal ini sesuai dengan hadist nabi Muhammad: 

Rasullulah SAW bersabda, “Demi Allah. Sungguh aku selalu beristighfar dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari 70 kali” (HR. Al-Bukhari)

Selain itu, di beberapa riwayat lain disebutkan jika rasulullah selalu membaca istighfar sebanyak 100 kali setiap hari. Berikut hadist yang menerangkan tentang jumlah istighfar yang dibaca rasulullah:

“Wahai sekalian manusia. Taubatlah (beristigfar) kepada Allah, karena aku selalu bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak 100 kali” (HR.Muslim)

Cara Mengamalkan Istighfar

Untuk hasil yang lebih maksimal maka bacaan istighfar itu hendaknya diamalkan dengan cara:

Memahami Makna Istighfar

Dari ketentuan tersebut maka hal yang paling utama diantaranya mengetahui apa arti istighfar atau yang dibaca. Dengan seperti ini maka akan muncul penghayatan di dalam diri saat membacanya. Selain itu, apa yang dibaca ada potensi lebih besar untuk diterima dihadapan Allah. 

Dibacakan Dengan Khusyu’

Membaca istighfar tidka boleh sembarang dan semuanya harus dilakukan dengan penuh perasaan. Maka dari itu, pada saat kalimat itu dibaca hendaknya dilakukan dengan penuh kekhusyukan. 

Selain itu, cara membacanya juga harus dengan penuh renungan dan dilakukan dengan hati yang ikhlas. Lalu, fokuskan hati pada Allah dan menyadari akan setiap kesalahan yang dilakukan. 

Konsisten dan Sabar

Dalam membaca istighfar harus disertai dengan rasa sabar saat menjalaninya. Selain itu, bacaan ini juga harus dilakukan secara terus-menerus atau konsisten setiap hari. 

Sesuai ketentuan di atas, istighfar ini bisa dibaca mulai dari 70 kali hingga 100 kali setiap hari. Jika itu rutin dilakukan maka berbagai manfaatkan akan dirasakan khususnya dalam masalah rezeki. Bisa saja saat mengamalkan bacaan ini, kamu akan mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka. 

Jadi bacaan astaghfirullah innahu kana ghoffaro termasuk salah satu istighfar yang dibaca rasulullah. Bacaan ini bisa dilakukan secara rutin setiap hari dan jumlahnya bisa 70 kali hingga 100 kali. 

Untuk manfaat atau keutamaan yang didapatkan juga sangat banyak. Salah satu diantaranya bisa menjadi terbukanya rezeki baik berupa harta, teman yang baik atau kesehatan tubuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *