Arti Wala Tai Asu yang Merupakan Penggalan Surat Yusuf Ayat 87

Bagi kamu yang suka membaca surat Yusuf maka akan selalu membaca lafadz wala tai asu. Lafadz tersebut bisa kamu temui di surat Yusuf khususnya pada ayat 87. 

Penggalan ayat tersebut sebenarnya memiliki makna yang sangat penting untuk dihayati. Sebab, ayat ini bisa menambah keyakinan sekaligus membuat seseorang menjadi muslim yang baik dan taat.

Read More

Arti Wala Tai Asu

Apa Arti Wala Tai Asu?

Kalimat wala tai asu ini memiliki makna janganlah kamu berputus asa. Kalimat ini sebenarnya masih ada terusannya yakni min rauhillah ( rahmat Allah). Sehingga, kalimat ini mengisyaratkan bahwa umat muslim tidak boleh berputus asa dari rahmat Allah. 

Dalam ayat 87 di surat Yusuf itu disebutkan bahwa orang yang berputus asa itu disamakan dengan orang–orang kafir. Dengan demikian, musibah atau apapun yang menimpa seseorang hendaknya harus tetap bersabar dalam berbagai kesulitan. 

Selain itu, seorang muslim juga harus rela dan ikhlas menerima atas setiap takdir yang digariskan oleh-Nya. Yakinlah bahwa semua pasti akan menemui jalan keluar yang terbaik bersama dengan ridho Allah. 

Makna Mendalam Kalimat Wala Tai Asu

Setelah mengetahui arti secara lengkap maka kalimat wala tai asu ini memiliki makna mendalam, diantaranya:

Selalu Optimis Kepada Allah

Kalimat wala tai asu ini secara tidak langsung mengajarkan seseorang untuk selalu optimis dan yakin kepada Allah. Ini merupakan pesan utama bagi umat manusia dalam menghadapi berbagai kesulitan hidup di dunia. 

Jika rasa itu sudah dimiliki maka kegagalan, tantangan atau kesulitan apapun tetap bisa dilewati. Sebab, sikap optimisme yang akhirnya bisa membuat hati bisa lebih tenang dan selalu berharap kepada Allah. Seorang hamba akan merasa yakin bahwa sebesar apapun kesulitan pasti akan mendapatkan pertolongan Allah. 

Sabar Dalam Menghadapi Ujian

Ayat tersebut di dalamnya menceritakan tentang kisah nyata dari nabi Yusuf As. Beliau selalu tabah dan tidak pernah berputus asa akan berbagai ujian yang dihadapinya di dalam hidup. 

Beliau juga dikenal selalu sabar meskipun selalu mendapatkan berbagai kesulitan dan penghianatan dari berbagai pihak. Dengan demikian, hal-hal seperti ini yang perlu diteladani bahwa kesabaran sangat dibutuhkan dalam menghadapi setiap cobaan. 

Perlu dipahami bahwa setiap ujian atau kesulitan itu semua sudah menjadi ketetapan atau rencana Allah. Sehingga, dalam melewati itu semua harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan keyakinan besar kepada Allah. 

Ketaatan Kepada Allah

Kalimat wala tai asu mengajarkan sekaligus mengingatkan bahwa seseorang harus selalu berpegang teguh pada ajaran agama di dalam islam. Sebab, ini semua berkaitan erat dengan ketaatan seorang hamba kepada Allah. 

Ketika ketaatan itu selalu dipupuk maka itu akan menjadi kunci bagi hamba untuk mendapatkan rahmat Allah. Jika sudah demikian maka hatinya akan selalu tenang dan hidupnya dipenuhi dengan berbagai keberkahan. 

Inspirasi Dalam Mengejar Impian

Wala tai asu ini juga sebagai dorongan bagi setiap muslim untuk selalu berjuang dalam mengejar cita-citanya. Ingatlah bahwa Allah selalu ada bagi siapapun hamba yang selalu berusaha. 

Jika keyakinan ini sudah tertanam maka itu akan menjadi inspirasi untuk selalu berkembang atau berusaha lebih baik. Sebab, tidak ada sesuatu yang tidak mungkin bagi Allah untuk mengabulkan setiap impian hamba-Nya. 

Jadi kalimat wala tai asu memiliki artinya jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah. Untuk itu, seorang muslim harus selalu optimis dalam mengejar setiap impiannya dalam hidup. Ketika upayanya itu mendapatkan tantangan maka harus bersabar dan tetap berusaha semaksimal mungkin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *