Tulisan Amin Ya Rabbal Alamin Arab yang Benar

Amin Ya Rabbal Alamin Arab

Ketika selesai berdoa atau didoakan oleh orang lain maka dianjurkan untuk mengucapkan amin ya rabbal alamin arab. Dengan bacaan tersebut seolah-olah kita mengucapkan kabulkanlah ya Allah. 

Harapannya dengan ucapan tersebut maka setiap doa yang dilantunkan bisa segera terwujud. Namun, sebelum mengucapkan, sebaiknya pahami dulu bagaimana lafadz yang tepat. Hal seperti ini kerap terjadi dimana banyak orang yang salah kaprah dalam mengucapkan lafadz amin. 

Read More

Amin Ya Rabbal Alamin Arab

Bacaan dan Tulisan Amin Ya Rabbal Alamin Arab

Untuk memudahkan, berikut tulisan dalam bentuk arab, latin dan arti dari lafadz tersebut:

آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ 

Aamiin ya rabbal ‘aalamiin

Artinya: “Kabulkanlah Ya Allah Tuhan semesta alam.”

Sesuai arti yang tertulis, kalimat ini memang diucapkan ketika selesai berdoa kepada Allah. Doa merupakan bentuk permohonan seorang hamba baik itu berupa permintaan atau harapan. 

Sedangkan berdoa adalah mengucapkan atau memanjatkan doa kepada Allah. Dalam berdoa ini, hal yang perlu diperhatikan ada pada kalimat aamiin. Ini perlu diperhatikan karena ada banyak versi terkait lafadz tersebut misalnya:

  • Aamin artinya meminta perlindungan kepada Allah
  • Amiin memiliki makna ucapan yang terpercaya dan jujur. 
  • Amin artinya rasa aman, tentram dan juga nyaman
  • Aamiin mengandung arti semoga ALlah mengabulkan setiap doa. 

Dari keempat lafadz tersebut maka huruf alif dan minnya dipanjangkan saat berdoa. Dengan seperti itu maka apa yang diucapkan sesuatu dengan makna di dalam bahasa Arab. 

Perintah atau Anjuran Berdoa

Berdoa kepada Allah merupakan senjata orang muslim dan itu sudah menjadi perintah. Hal ini sesuai dengan yang sudah tertulis di dalam al-qur’an dan hadist, berikut penjelasannya:

Surat Al Mu’min ayat 60

Salah satu perintah tentang berdoa ini ada di dalam surat al-mu’min dan berikut bunyi ayatnya:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Wa qāla rabbukumud’ụnī astajib lakum,

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.”

Allah secara jelas memerintah kepada setiap hamba untuk selalu berdoa terkait apapun. Siapapun yang berdoa secara ikhlas maka Allah pun akan mengabulkan setiap doa-doanya. 

Hadist Riwayat Al-Tirmidzi 

Selain dari al-qur’an, ada juga perintah di dalam hadist at-tirmizi dan berikut penjelasannya:

“Barangsiapa dibukakan pintu doa untuknya, berarti telah dibukakan pula untuknya segala pintu rahmat. Dan tidak dimohonkan kepada Allah, yang lebih disukaiNya selain daripada dimohonkan ‘afiyah. Doa itu memberi manfaat terhadap yang telah diturunkan dan yang belum diturunkan. Dan tak ada yang dapat menangkis ketetapan Tuhan, kecuali doa. Sebab itu berdoa kamu sekalian.”(HR. At-Thirmidzi).

Keutamaan Berdoa

Dengan cara berdoa ini maka seorang hamba akan mendapatkan berbagai keutamaan, diantaranya:

Ibadah

Doa merupakan salah satu ibadah yang diperintahkan oleh Allah kepada hamba-Nya. Allah sangat murka bagi siapapun yang tidak mau berdoa setelah berbagai usaha dilakukan. 

Menolak Bala’

Ada berbagai jenis doa yang dipanjatkan oleh setiap umat muslim. Doa-doa itu secara tidak langsung menjadi penolak bala bagi dirinya selama ada di dunia. Dengan seperti itu maka setiap ada keburukan yang akan datang maka akan tertolak dengan perantara doa. 

Jadi amin ya rabbal alamin Arab merupakan salah satu lafadz yang diucapkan setelah selesai berdoa. Dengan ucapan itu harapannya setiap doa bisa cepat terkabulkan. Hanya saja dalam mengucapkan sebaiknya memanjangkan alif dan min, contohnya aamiin. 

Perintah berdoa dan mengucapkan aamiin ini merupakan bagian dari ibadah kepada Allah. Selain itu, ucapan ini juga menjadi senjata bagi orang muslim setelah berbagai usaha sudah dilakukan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *