Bacaan Alhamdulillah Bini’matihi Tatimmush Sholihaat Arab dan Artinya

Alhamdulillah Bini'matihi Tatimmush Sholihaat

Sebagian dari kamu mungkin mendengar mendengar orang mengucapkan alhamdulillah bini’matihi tatimmush sholihaat arab. Bagi yang masih awam tentu akan bertanya terkait apa arti atau maksud dari bacaan tersebut. 

Sebagai seorang muslim, bacaan-bacaan seperti di atas harus dipahami dan diketahui. Sebab, ucapan itu merupakan bagian dari beberapa dzikir yang sering diamalkan oleh rasulullah. Beliau mengucapkan kalimat tersebut di waktu-waktu tertentu di luar sholat. 

Read More

Alhamdulillah Bini'matihi Tatimmush Sholihaat

Apa itu Alhamdulillah Bini’matihi Tatimmush Sholihaat Arab?

Makna dari lafadz tersebut adalah segala puji hanya milik Allah yang dengan segala nikmatnya segala kebaikan menjadi sempurna. Kalimat ini sering diucapkan oleh rasulullah saat ada hal yang beliau sukai dan ini sesuai keterangan di dalam suatu hadist. 

Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat (mendapatkan) berbagai hal yang disukai, maka beliau mengucapkan kalimat tersebut. 

Sementara itu, saat rasulullah mendapati sesuatu yang tidak disukai maka beliau mengucapkan:

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ (Alhamdulillah ala kulli hal)

Artinya: Segala puji hanya milik Allah atas setiap keadaan.

Baca Juga: Fiil Mujarrad dan Mazid : Pengertian, Pembagian dan Contohnya

Cara Mengamalkan Bacaan Alhamdulillah Bini’matihi Tatimmush Sholihaat

Bagi kamu yang mau mengamalkan bacaan tersebut maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya:

Memahami Arti Bacaan

Dalam mengamalkan bacaan apapun maka hal utama yang perlu dipahami adalah mengenal artinya terlebih dahulu. Dari arti tersebut maka kamu bisa menganalisa bahwa bacaan ini sebaiknya dibaca waktu kapan. 

Selain itu, dengan mengetahui makna bacaan maka bisa membuat kamu lebih bisa menghayati. Bahkan, kamu pun juga bisa mengucapkan kalimat tersebut dengan penuh keyakinan kepada Allah. 

Mengucapkan Alhamdulillah Saat Saat Mendapati Sesuatu yang Disukai atau Tidak Disukai

Dalam mendapati segala sesuatu baik itu yang disukai ataupun tidak maka harus selalu mengucapkan alhamdulilah. Mengucapkan alhamdulillah saat mendapati hal yang disukai sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Allah atas semua nikmatnya. 

Sementara itu, mengucapkan alhamdulillah saat mendapati sesuatu yang tidak disukai adalah bentuk penghambaan. Sebagai hamba yang taat maka apapun yang terjadi, semua atas kehendak Allah. Sehingga, manusia harus bisa menerima dengan lapang dada akan sesuatu yang menimpa dirinya. 

Mengamalkannya Secara Rutin

Mengucapkan kalimat alhamdulillah memang tidak semudah membalikkan tangan. Sebab, kalimat ini umumnya hanya muncul saat kita mendapatkan kebahagian atau sesuatu yang disenangi. 

Namun, di kala mendapat musibah maka yang ada hanya mengeluh. Untuk itu, amalan pengucapan alhamdulillah ini harus terus dilatih secara rutin dalam berbagai hal. 

Dengan seperti itu maka kamu akan selalu bersyukur atas segala nikmat apakah itu buruk atau baik. Selain itu, ucapkan ini juga bisa melatih seseorang untuk ingat kepada Allah dalam setiap langkahnya. 

Mengajarkan Kepada Orang Lain

Setelah seseorang mengetahui makna atau arti maka kalimat ini juga perlu diajarkan kepada orang lain. Untuk proses awalnya bisa dimulai dari orang terdekat terlebih dahulu mulai dari keluarga, teman, anak dan yang lainnya. 

Kamu bisa ajarkan bahwa ucapan itu bisa dilakukan ketika mendapatkan hal-hal yang disukai atau tidak. Dengan seperti itu maka mereka akan terbantu agar selalu bersyukur atas segala nikmat dari Allah. 

Jadi alhamdulillah bini’matihi tatimmush sholihaat arab adalah bentuk ucapan syukur yang diajarkan rasulullah. Kalimat ini beliau ucapkan ketika sedang mendapatkan nikmat atau sesuatu yang disukai. 

Untuk itu, sebagai umat rasulullah maka kalimat itu juga perlu diketahui maknanya agar lebih bisa menghayati. Dengan seperti itu maka seseorang bisa menjadi orang yang selalu bersyukur atas segala nikmat-Nya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *